Pengembangan Modul Pembelajaran IPS dengan Tema Penyimpangan Sosial di Kalangan Masyarakat Tanah Air Sebagai Bahan Ajar Siswa SMP Kelas VIII

Safitri, Ardilla Elfira (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran IPS dengan Tema Penyimpangan Sosial di Kalangan Masyarakat Tanah Air Sebagai Bahan Ajar Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
2. SKRIPSI Full 11416241034.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan modul pembelajaran IPS dengan tema “Penyimpangan Sosial di Kalangan Masyarakat Tanah Air”. 2) Mengetahui kelayakan modul dengan tema “Penyimpangan Sosial di Kalangan Masyarakat Tanah Air” yang digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and development). Tahap yang dilakukan dalam pengembangan ini adalah mencari masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain yang dilakukan ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran IPS, uji coba terbatas dan lapangan, revisi, dan produksi massal Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skala lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Cara mengembangkan modul pembelajaran IPS dilakukan dengan langkah mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data, menentukan produk yang akan dikembangkan, menganalisis kebutuhan modul, menyusun draft modul, melakukan validasi, uji coba, dan revisi, sehingga menghasilkan produk bahan ajar modul. 2) Modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar IPS dengan kategori “Sangat Baik”. Hal tersebut dilihat dari hasil : Validasi ahli materi memperoleh skor 32,27, rata-rata 4,03 dengan kategori “Baik”, validasi ahli media memperoleh skor 46,41, rata-rata 4,64 dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian guru mata pelajaran IPS memperoleh skor 20,10, rata-rata 4,02 dengan kategori “Baik”, peserta didik dalam uji coba terbatas memperoleh skor 31,11, rata-rata 4,44 dengan kategori “Sangat Baik”, peserta didik dalam uji coba lapangan memperoleh skor 29,89, rata-rata 4,27 dengan kategori “Sangat baik”. Kata Kunci : Pengembangan modul, bahan ajar, Pembelajaran IPS, Penyimpangan sosial di kalangan masyarakat tanah air

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item