PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU TAHUN AJARAN 2014/2015

PRABAWARDANI, SAKTI ARIA (2016) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perbedaan Aktivitas Siswa yang diberikan Reward dengan siswa yang tidak diberikan Reward dalam Pembelajaran pada Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Tahun Ajaran 2014/2015; (2) mengetahui perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang diberikan Reward dengan siswa yang tidak diberikan Reward dalam Pembelajaran pada Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitiannya siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi yang terdiri dari 4 kelas, kelas X Ak 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian ini yaitu aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Uji validitas instrumen dilakukan menggunakan experts judgement dan untuk analisis instrumen tes menggunakan Software Iteman 3.0 dengan menghitung reliabelitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Teknik analisis data untuk uji hipotesis adalah teknik uji-t dengan Uji Paired Sample T-test dan Uji Indenpendent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan Aktivitas Siswa yang diberikan Reward dengan siswa yang tidak diberikan Reward dalam Pembelajaran pada Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dilihat dari uji Indenpendent Sample T-test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,086 > 2,000 dengan signifikansi 0,040 < 0,050. Selain itu rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan lebih tinggi yaitu 16,46 dibandingkan aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 15,00. (2) Ada perbedaan Prestasi Belajar Siswa yang diberikan Reward dengan siswa yang tidak diberikan Reward dalam Pembelajaran pada Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t terhadap hasil post-test yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai thitung sebesar 12,944 > ttabel sebesar 2,021 dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < nilai signifikansi 0,050. Selain itu rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 58,16 lebih tinggi jika dibandingkan dengan prestasi belajar kelas kontrol yaitu 48,98.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward dalam Pembelajaran, Aktivitas Siswa, dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item