Leonardus, Taufan T.B (2016) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SKEMATIK RANGKAIAN DAN LAYOUT PCB MENGGUNAKAN ORCAD. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Leonardis Taufan T.B. - 035224018.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SKEMATIK RANGKAIAN DAN LAYOUT PCB MENGGUNAKAN ORCAD Oleh : Leonardus Taufan T.B 035 224 018 Penelitian ini bertujuan untuk membuat multimedia pembelajaran menggambar skematik rangkaian dan layout PCB dengan mengkombinasikan macam- macam objek multimedia yaitu teks, image, animasi, audio, video untuk menyajikan tutorial mengenai materi menggambar skematik rangkaian dan layout PCB dengan software Orcad . Selain itu juga untuk mengetahui penilaian unjuk kerja multimedia serta ketepatan fungsinya sebagai media pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 jurusan Teknik Audio Video SMK PIRI1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D). Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran menggambar skematik rangkaian dan layout PCB . Tahap pengembangan produk meliputi 1). Pengkajian data, 2). Perancangan, 3). Pembuatan media, 4). Validasi ahli, 5). Perbaikan media, 6). Uji coba lapangan, 7). Perbaikan operasional media. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil adalah tutorial tentang materi menggambar skematik rangkaian dan lay out PCB menggunakan Orcad terkemas dalam DVD-R. Penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja multimedia pembelajaran menggambar skematik rangkaian dan layout PCB menggunakan Orcad ini termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengujian pada pengguna siswa yang berjumlah 21 siswa. Hasil pengujian aspek desain pembelajaran menunjukkan skor rerata 3,40 atau sebesar 85,71% kategori sangat layak, dari aspek rekayasa perangkat lunak memperoleh skor rerata 3,51 atau 87.80% kategori sangat layak, dari aspek komunikasi visual memperoleh skor rerata 3,23 atau 87.09% kategori sangat layak. Sehingga rerata totalnya adalah 3,39 atau 86,87%. Hasil pengujian pada pengguna guru yang berjumlah 3 guru. Hasil pengujian aspek desain pembelajaran menunjukkan skor rerata 3,44 atau sebesar 86,11% kategori sangat layak, dari aspek rekayasa perangkat lunak memperoleh skor rerata 3,50 atau 87.50% kategori sangat layak, dari aspek komunikasi visual memperoleh skor rerata 3,62 atau 90.38% kategori sangat layak. Sehingga rerata totalnya adalah 3,52 atau 88,00% termasuk dalam kategori sangat layak. Kata kunci: multimedia, pembelajaran,menggambar teknik, Orcad
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 01:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |