PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KEJURUAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK

Latifa, Arina Rizqi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KEJURUAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Latifa Arina 08505241020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KEJURUAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK Oleh : Latifa Arina Rizqi NIM 08505241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kompetensi dasar kejuruan pada standar kompetensi mengidentifikasi ilmu bangunan gedung serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok. Desain penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas berupa kelas kontrol dan kelas eksperimen, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X teknik gambar bangunan di SMK N 2 Depok yang berjumlah 64 siswa. Sampel ditentukan dengan purposive sampling yaitu, 32 siswa sebagai kelompok eksperimen (XB) dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol (XA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (menggunakan teknik analisis chi kuadrat) dan uji homogenitas. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga r=0,827 yang berarti reliabilitas instrumen sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t kelompok terpisah (independent sample test). Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pretest kelas kontrol sebesar 47,19 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,75; sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 49,22 dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,88. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 31,56 dan kelas eksperimen sebesar 37,66. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis macromedia flash lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada standar kompetensi mengidentifikasi ilmu bangunan gedung kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok. Analisis hasil tes siswa yang diuji dengan uji-t dengan perolehan t hitung > t tabel (5,183 > 1,671). Kata kunci : media pembelajaran, macromedia flash, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Feb 2016 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29835

Actions (login required)

View Item View Item