UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Latiful, Ansor (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
LATHIFUL ANSOR - 09504245002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA DIKLAT PERAWATAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh : Latiful Ansor 09504245002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa mata diklat perawatan dan perbaikan kelistrikan otomotif siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK PIRI Sleman setelah diterapkan pembelajaran kontekstual, dengan batasan materi melakukan perbaikan sistem pengapian. Penelitian ini dilakukan di SMK PIRI, Sleman, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, model pembelajaran yang digunakan adalah dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan, diskusi kelompok, mengisi LKS dan mempresentasikan hasil diskusi. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata diklat perawatan dan berbaikan kelistrikan otomotif menggunakan penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami kenaikan dari tiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar, pada siklus I sebesar 6,43; siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 40%, siklus II sebesar 7,13; siswa yang mencapai nilai KKM 66% dan pada siklus III sebesar 7,63; siswa yang mencapai nilai KKM sebear 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Feb 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item