PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SILANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Wahyu Imansyah Kamil, Muhammad (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK SILANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Muhamad Wahyu Imansyah Kamil_11105241020.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi kelompok silang dan mengetahui apakah ada peningkatan kreativitas siswa dengan indikator pengamatan, yaitu percaya diri, berfikir di luar kotak, berani melawan arus, menjadi pelopor, dan menghargai. Pada peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS dengan 3 indikator tahapan pencapaian pemahaman belajar, yaitu tahap penerimaan dan perolehan informasi, tahap penyimpanan informasi, dan tahap mendapatkan kembali informasi, setelah diterapkannya Metode Diskusi Kelompok Silang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan memiliki beberapa tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pre test dan post test soal pilihan ganda, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Perolehan data yang dianalisis berupa data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelititan ini telah divalidasi berdasarkan data empirik yang kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS untuk mengetahui kevalidan data yang diperoleh dari lapangan. Dari hasil penelitian tindakan kelas, peningkatan kreativitas siswa pada siklus 1 berdasarkan penerapan metode pada pertemuan 1, yaitu 47,63%, pertemuan 2 meningkat menjadi 53,75%, dan pertemuan 3 meningkat menjadi 64%. Hasil belajar siswa berdasarkan tes setelah penerapan metode yang dilakukan pada siklus 1 jika dilakukan perbandingan dengan data awal hasil belajar siswa berdasarkan tes sebelum penerapan metode yang dilakukan, rata-rata awal hasil belajar siswa, yaitu 40 meningkat sesuai dengan harapan yang dicapai menjadi 60. Pada siklus 2 berdasarkan penerapan metode pada pertemuan 1, yaitu 72,13%, pada pertemuan 2 meningkat sesuai dengan harapan menjadi 75,88%. Sehingga, jika dilakukan perbandingan pada siklus 1 peningkatan kreativitas siswa sebesar 64% maka pada siklus 2 meningkat sesuai dengan harapan menjadi 75,88%. Hasil belajar siswa yang diperoleh berdasarkan tes pada siklus 2 jika dibandingkan dengan perolehan data hasil belajar siswa pada data awal yang diperoleh, maka rata-rata awal hasil belajar siswa, yaitu 40 dan meningkat sesuai dengan harapan menjadi 60.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29828

Actions (login required)

View Item View Item