PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK ABA MARGOMULYO SEYEGAN SLEMAN

Febryana Warsianti, Kurnia (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK ABA MARGOMULYO SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kurnia Febryana Warsianti_11105244021.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK ABA Margomulyo Seyegan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experiment, dengan variabel terikat (X) adalah media audio, sedangkan variabel bebas (Y) adalah perkembangan bahasa. Desain penelitiannya yaitu Pretest- Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 24 anak kelompok B TK ABA Margomulyo Seyegan Sleman. Kelompok B-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 12 anak dan kelompok B-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian perkembangan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audio terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK ABA Margomulyo Seyegan Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean kelompok eksperimen sebesar 23,41 dan kelompok kontrol sebesar 7,33. Harga thitung = 6 dan harga t dalam tabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,71. (thitung 6 > ttabel 1,71).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29826

Actions (login required)

View Item View Item