PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “SISTEM TATA SURYA” BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD N 2 TANGGULANOM SELOPAMPANG TEMANGGUNG JAWA TENGAH

Ihzandy, Edo (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “SISTEM TATA SURYA” BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VI SD N 2 TANGGULANOM SELOPAMPANG TEMANGGUNG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Edo Ihzandy_10105241002.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang layak pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Tanggulanom, Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi dan mengkombinasikan 3 model penelitian pengembangan dari Borg & Gall, Dick & Carey dan Alessi & Trollip. Langkah penelitian pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) analisis pembelajaran; (3) analisis pelaku belajar dan lingkungannya; (4) pengembangan; (5) uji coba pendahuluan; (6) revisi produk utama; (7) uji coba operasional; (8) revisi produk akhir. Subjek uji coba pendahuluan yaitu 4 orang siswa, kemudian subjek uji coba operasional adalah 18 siswa dan 1 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan angket. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, siswa dan guru. Data hasil angket ahli, siswa, dan guru dianalisis dengan konversi skala lima. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan hasil akhir 4,60 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai 4,32. Selanjutnya pada uji coba pendahuluan melibatkan subyek 4 orang siswa mendapatkan skor penilaian 3,9 dengan kategori layak. Penilaian pada uji coba operasional oleh semua siswa kelas VI mendapatkan nilai 4.51 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian dari guru IPA kelas VI mendapatkan skor 4.53 dengan kategori sangat layak. Dilihat dari hasil penilaian tersebut, produk multimedia pembelajaran IPA materi sistem tata surya layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item