PENGARUH FRAMING DAN GROUPTHINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PEKERJAAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

ARIYANTO, RESA (2016) PENGARUH FRAMING DAN GROUPTHINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PEKERJAAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, bertujuan untuk mengetahui pengaruh framing terhadap keputusan pemilihan pekerjaan. Kedua, untuk mengetahui pengaruh groupthink terhadap keputusan pemilihan pekerjaan. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh framing dan groupthink secara simultan terhadap keputusan pemilihan pekerjaan. Populasi pada penelitian ini sama dengan sampelnya yaitu mahasiswa Prodi Akuntansi semester tujuh untuk reguler dan semester tiga untuk Program Kelanjutan Studi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 151 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, dan analisis determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) framing (X ) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan pekerjaan (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi 0,797 atau signifikasi <0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya setiap peningkatan 1 (satu) satuan akan berpengaruh kepada keputusan pemilihan pekerjaan sebesar 0,797 dengan asumsi variabel lainnya nilainya tetap; 2) groupthink (X 2 1 ) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan pekerjaan (Y), yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi 0,995 atau signifikasi <0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya setiap peningkatan 1 satuan akan berpengaruh kepada keputusan pemilihan pekerjaan sebesar 0,995 dengan asumsi variabel lainnya nilainya tetap; 3) framing (X 1 ) dan groupthink (X ) secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan pekerjaan (Y), yang ditunjukkan oleh nilai F hitung > F (29,610 > 3,076) atau signifikasi <0,05 (0,000 < 0,05) dengan sumbangan pengaruh sebesar 34,20% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembingkaian Informasi, Pemikiran Kelompok, Pemilihan Pekerjaan, Akuntansi Keperilakuan
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Feb 2016 08:29
Last Modified: 17 Feb 2016 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item