PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL BANGUN RUANG UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Prasetyawati, Ari (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL BANGUN RUANG UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ari Prasetyowati_08105241004.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan mengenal bangun ruang untuk anak SD kelas IV. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development, proses penelitian pengembangan media ini dilaksanaakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Multimedia pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa SD kelas IV SD N Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Uji coba ini melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal dengan subjek 5 siswa, uji coba lapangan utama 10 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan 25 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi dan pengamatan langsung di sekolah, serta analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan yaitu berupa media yang berupa multimedia pembelajaran interaktif mengenal bangun ruang yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan dan aspek-aspek yang lain setelah uji ahli materi, uji ahli media, kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dan baik, kemudian pada hasil akhir uji coba multimedia pembelajaran ini dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mengenal bangun ruang untuk mata pelajaran Matematika kelas IV SD N Perumnas Condongcatur sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar, baik digunakan secara individu maupun kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29822

Actions (login required)

View Item View Item