PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS “NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA” UNTUK KELAS VI SD NEGERI 1 TELUK PURWOKERTO

Prasetya, Andi (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS “NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA” UNTUK KELAS VI SD NEGERI 1 TELUK PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andi Prasetya_10105244013.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran yang layak untuk mata pelajaran IPS pokok bahasan Negara-Negara Asia Tenggara kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk, Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang hanya menggunakan sembilan tahap dari sepuluh tahap prosedur model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VI SD Negeri 1 Teluk, Purwokerto. Subjek uji coba lapangan awal adalah sebanyak 3 siswa, subjek uji coba lapangan utama adalah sebanyak 8 siswa, dan subyek uji coba lapangan operasional sebanyak 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah menggunakan sembilan tahap dari sepuluh tahap prosedur model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan hasil akhir 4,30 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan hasil akhir 4,27 dengan kriteria sangat baik/layak, dan hasil akhir penilaian pada uji pelaksanaan lapangan adalah 4,39 dengan kriteria sangat baik/layak, sehingga secara keseluruhan produk multimedia pembelajaran IPS Negara-negara Asia Tenggara dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item