PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN AREA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK DI TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Nurhuda, Afif (2016) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN AREA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK DI TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Afif Nurhuda_11105244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran area dalam mengembangkan keterampilan motorik halus di TK Negeri Pembina Yogyakarta beserta kendala pengembangan motorik halus yang terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas B5 yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran area yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, pengembangan motorik halus serta bentuk motorik halus peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yaitu data reduction, data display, data verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan model pembelajaran area dalam mengembangkan keterampilan motorik halus peserta didik di TK Negeri Pembina Yogyakarta meliputi kegiatan awal, kegiatan inti yang mencakup kesiapan belajar, kesempatan belajar, kesempatan praktek, bimbingan, motivasi, dan model yang baik, serta istirahat dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal, pendidik berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkan fokus dari peserta didik dengan cara mengajak peserta didik untuk bernyayi. Setelah peserta didik fokus, pendidik akan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Pada kegiatan inti, peserta didik diberikan kebebasan oleh pendidik untuk melakukan pembelajaran secara individu. Aktivitas belajar pada kegiatan inti meliputi kesiapan belajar, kesempatan belajar, kesempatan praktek, bimbingan, motivasi, model yang baik. Istirahat dilakukan peserta didik untuk makan dan bermain. Kegiatan akhir dilakukan dengan menyimpulkan hasil belajar yang telah dijalankan. Terdapat kendala pengembangan motorik halus selama pelaksanaan model pembelajaran area dalam mengembangkan keterampilan motorik halus peserta didik di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Kendala pengembangan motorik halus terjadi pada proses pembelajaran, peran peserta didik, peran pendidik, dan penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item