Integrasi Teknologi Web 2.0 dalam Pembelajaran Matematika

Hernawati, Kuswari (2015) Integrasi Teknologi Web 2.0 dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
T-16.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan pesatnya perkembangan internet telah memunculkan teknologi baru web yaitu Web 2.0. Web 2.0 merupakan istilah yang diberikan untuk menggambarkan generasi kedua dari World Wide Web yang difokuskan pada kemampuan orang untuk berkolaborasi dan berbagi informasi secara online. Banyak tersedia fasilitas internet berteknologi Web 2.0 yang dapat dimanfaatkan secara gratis terutama dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah Khan Academy. Khan Academy adalah organisasi pendidikan nirlaba yang menyediakan lebih dari 3500 sumber belajar berupa video dan tutorial matematika. Khan Academy juga menyediakan fasilitas kolaborasi antara guru, siswa dan orang tua dalam proses pembelajarannya. Guru dapat memberikan rekomendasi/tugas kepada siswa untuk mempelajari atau mengerjakan latihan serta memantau perkembangan dan pencapaian tiap-tiap kompetensi siswa. Siswa dapat mengerjakan tugas yang direkomendasikan guru dan memperoleh penghargaan dari sistem atas apa yang dikerjakan, sedangkan orangtua dapat memantau perkembangan dan aktifitas anaknya melalui sistem. Dengan teknologi ini, diharapkan dapat memudahkan dalam proses belajar mengajar dan dapat mengaktifkan peran orang tua dalam memantau perkembangan belajar anaknya. Penguasaan keterampilan dalam Khan Academy dibedakan menjadi beberapa level yaitu Struggling, Needs Practice, Practiced, Level One, Level Two dan Mastered sehingga pengajar dapat memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Kata kunci: Khan Academy, Pembelajaran Matematika, Web 2.0

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 17 Feb 2016 07:29
Last Modified: 14 Oct 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item