ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) (Studi Komparatif Pada Perusahaan Manufaktur di Negara ASEAN)

Niswahyuning Pamungkas, Nujumun (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) (Studi Komparatif Pada Perusahaan Manufaktur di Negara ASEAN). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUJUMUN NISWAHYUNING PAMUNGKAS_NIM 14812147006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rasio profitabilitas digunakan untuk mengukur seberapa besar keberhasilan perusahaaan untuk menghasilkan laba atau efisiensi operasi perusahaan. Salah satu alat analisis untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan adalah Return On Investment (ROI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari rasio-rasio keuangan, yaitu Current Ratio (CR), Inventory Turnover Ratio (ITR), dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) Perusahaan Manufaktur di Negara ASEAN, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan manufaktur yang yang terdaftar di Bursa Efek masing-masing negara ASEAN tahun 2012-2014. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama, uji t-statistik utuk menguji koefisien regresi parsial, serta uji ANOVA untuk mengetahui perbedaan. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (CR), Inventory Turnover Ratio (ITR), dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh sebesar 10,3% terhadap Return On Investment (ROI), sedangkan 89,7% sisanya dijelaskan oleh sebab atau variabel lain diluar model penelitian ini. Persamaan regresi pada penelitian ini yaitu, ROI = 0,752 + 0,010 CR + 0,584 ITR + 0,002 DER. Secara parsial, Current Ratio (CR) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI), Inventory Turnover Ratio (ITR) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Investment (ROI), dan Debt To Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh positif dan dan tidak signifikan terhadap Return On Investment (ROI). Secara simultan, variabel Current Ratio (CR), Inventory Turnover Ratio (ITR), dan Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI). Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Current Ratio (CR), Inventory Turnover Ratio (ITR), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Investment (ROI) antar perusahaan manufaktur pada Negara ASEAN tahun 2012-2014.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Feb 2016 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29814

Actions (login required)

View Item View Item