EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PRIMA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 3 KLATEN

Kusnindya Ardiyanti, Dyah Ayu Indri Hapsari (2016) EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PRIMA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 3 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Kusnindya Ardiyanti Dyah Ayu Indri Hapsari - 08513247005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MATA DIKLAT PELAYANAN PRIMA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 3 KLATEN Oleh: Kusnindya Ardiyanti Dyah Ayu Indri Hapsari 08513247005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pencapaian kompetensi Mata Diklat Pelayanan Prima pada kelas kontrol di SMK N 3 Klaten; 2) pencapaian kompetensi Mata Diklat Pelayanan Prima pada kelas eksperimen di SMK N 3 Klaten; 3) efektivitas metode sosiodrama dalam pencapaian kompetensi pada Mata Diklat Pelayanan Prima . Metode penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperiment. Tempat penelitian ini di SMK N 3 Klaten yang dilaksanakan dari bulan juni 2010 sampai januari 2011, dengan jumlah populasi 108 siswa, yang terdiri atas kelas X busana 1 dan 2. Subyek penelitian sebanyak 70 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pencapaian kompetensi pada kelas kontrol yang diperoleh siswa masih dibawah ketuntasan yaitu sebesar 38% sebanyak 13 siswa yang mencapai nilai diatas 7.0; 2) Pencapaian kompetensi kelas eksperimen sudah diatas sudah diatas ketuntasan yaitu sebesar 75% sebanyak 27 siswa sudah dinyatakan tuntas yaitu mencapai nilai 7,0 yang dicapai oleh lebih dari 75% siswa; 3) Perolehan nilai kompetensi siswa pada kelas yang diberi penerapan metode sosiodrama dilihat dari hasil penghitungan dengan uji-t diperoleh nilai hitungt lebih besar dari pada tabelt ( hitungt 3,401 > tabelt 1,99) dan nilai taraf signifikansi lebih kecil dari 5% (0,001 < 0,05). Bila dikaji lebih dalam dari pencapaian kompetensi mata diklat Pelayanan Prima kelas kontrol dalam kategori tuntas sebesar 13 siswa (32%), sedangkan untuk kelas eksperimen sebagian besar terdapat pada kategori tuntas sebanyak 27 siswa (75%) Hal ini berarti terdapat keefektivan metode sosiodrama dalam pencapaian kompetensi Pelayanan Prima pada kelas eksperimen di SMK N 3 Klaten Kata kunci: efektivitas, metode sosiodrama, pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item