PEMBELAJARAN AKTIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kurniawan, Sukomartanto (2016) PEMBELAJARAN AKTIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Kurniawan Suko Martanto 09505244023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN AKTIF YANG MENYENANGKAN MENURUT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh : Kurniawan Sukomartanto 09505244023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan; (2) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan di dalam kelas; (3) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan di luar kelas; (4) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang media pembelajaran aktif yang menyenangkan; (5) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang reward/penghargaan pembelajaran aktif yang menyenangkan dengan reward/penghargaan. Variabel pada penelitian adalah Pembelajaran Aktif yang Menyenangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK N di DIY dengan jumlah sebesar 1204 siswa. Jumlah sampel adalah 292 siswa yang dihitung dengan tabel Krejcie Morgan yang mempunyai taraf kepercayaan 95%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional sampling dan jumlah sampel masing-masing kelas diambil secara acak/random. Data dikumpulkan dengan angket. Uji empiris dengan teknik analisis Produck Moment dan uji validasi instrumen dengan menggunakan judgment experts. Teknik analisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan skor rerata 69,38%; (2) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan dengan pembelajaran di dalam kelas termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan rerata skor 67,62%; (3) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan dengan pembelajaran di luar kelas termasuk dalam kategori cukup menyenangkan dengan rerata skor 63,66%; (4) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan dengan pembelajaran dengan reward/penghargaan termasuk dalam kategori menyenangkan dengan rerata skor 80,69; (5) persepsi siswa SMK N Program Keahlian Teknik Bangunan se-DIY tentang pembelajaran aktif yang menyenangkan dengan pembelajaran dengan media termasuk dalam kategori menyenangkan dengan rerata skor 74,13%. Kata kunci : Persepsi Pembelajaran Aktif yang Menyenangkan, Se-DIY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 06:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item View Item