EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LAS DASAR PADA SISWA KELAS X SMK N 2 DEPOK MENGGUNAKAN MODUL MENGELAS DENGAN SMAW

KUNCORO, JATI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LAS DASAR PADA SISWA KELAS X SMK N 2 DEPOK MENGGUNAKAN MODUL MENGELAS DENGAN SMAW. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Kuncoro Jati 05503241024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LAS DASAR PADA SISWA KELAS X SMK N 2 DEPOK MENGGUNAKAN MODUL MENGELAS DENGAN SMAW Oleh KUNCORO JATI NIM 05503241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X SMK N 2 Depok pada mata pelajaran las dasar setelah menggunakan modul Mengelas dengan SMAW, mengukur efektivitas PBM menggunakan modul Mengelas dengan SMAW dan mendeskripsikan perbedaan efektivitas antara PBM menggunakan modul Mengelas dengan SMAW dan PBM secara konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimenen, dan ini berupaya memberikan perlakuan tertentu terhadap suatu kelompok sehingga dampak atau pengaruhnya dapat diketahui melalui pengukuran. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Dalam desain ini subjek ditempatkan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi pretest untuk mengetahui tingkat kondisi subjek yang berkenaan dengan vaiabel terikat. Hasil tes digunakan untuk melihat perbedaan awal kedua kelompok. Perlakuan diberikan hanya kepada subjek-subjek eksperimen untuk waktu tertentu. Setelah itu memberikan posttest pada kedua kelompok untuk membandingkan hasilnya. Data hasil posttest kelompok eksperimen yang diajar menggunakan modul Mengelas dengan SMAW menunjukkan rerata nilai posttest kelompok eksperimen adalah 76,02 dengan median 73,33; modus 70 dan simpangan baku 6,29. Prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen meningkat dengan ketercapaian KKM 70 sebesar 100% setelah adanya perlakuan, sedangkan siswa pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional sebesar 40,63%. Selisih ketercapaian KKM kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 59,37%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modul Mengelas dengan SMAW sangat efektif diterapkan pada siswa kelas X SMK N 2 Depok dan pembelajaran las dasar menggunakan modul Mengelas dengan SMAW lebih efektif daripada pembelajaran secara konvensional. Kata kunci : evektivitas, modul, prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item View Item