PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK N 2 BAWANG BANJARNEGARA

Kukuh, Prasetyo HP (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK N 2 BAWANG BANJARNEGARA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Kukuh Prasetya 06501241004.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK N 2 BAWANG BANJARNEGARA Oleh: Kukuh Prasetyo HP 06501241004 Tujuan dari dilaksanakannya MOS adalah di antaranya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan kepercayaan diri siswa terutama untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru, berinteraksi dengan guruguru dan teman-temannya yang baru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang MOS terhadap motivasi belajar siswa SMKN 2 Bawang Banjarnegara dan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang MOS terhadap kepercayaan diri siswa SMKN 2 Bawang Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SMK 2 Bawang, Banjarnegara. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang MOS terhadap motivasi belajar siswa SMKN 2 Bawang Banjarnegara, dengan besarnya pengaruh sebesar 28,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Semakin baik persepsi siswa tentang MOS maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya. Terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang MOS terhadap kepercayaan diri siswa SMKN 2 Bawang Banjarnegara, dengan besarnya pengaruh sebesar 21,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Semakin baik persepsi siswa tentang MOS maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa, begitupun sebaliknya. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item