PENGEMBANGAN BUKU EKSPERIMEN SEDERHANA SAINS ASPEK KIMIA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI

Oki Ikhda, Rizkillah (2010) PENGEMBANGAN BUKU EKSPERIMEN SEDERHANA SAINS ASPEK KIMIA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_EKSPERIMEN_SEDERHANA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan buku eksperimen sederhana sains aspek kimia untuk siswa SMP/MTs kelas VII sebagai sumber pembelajaran "mandiri serta untuk mengetahui kualitas buku eksperimen sederhana tersebut berdasarkan penilaian 3 guru IPA SMPIMTs dan 2 guru kimia SMA sesuai dengan kriteria kualitas buku eksperimen sederhana yang telah ditentukan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, clan penilaian buku eksperimen sederhana. Buku eksperimen sederhana yang disusun meliputi empat materi pokok : Asam, Basa, dan Garam; Unsur, Senyawa, dan Campuran; Wujud Zat dan Perubahannya; dan Perubahan Fisika dan Kimia. Buku eksperimen sederhana hasil pengembangan ditinjau oleh peer reviewer dan dosen pemberi masukan serta dinilai oleh reviewer yaitu 3 guru IPA SMP/MTs dan 2 guru kimia SMA di Yogyakarta. Data yang diperoleh dari reviewer berupa data kualitatif selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif tersebut ditabulasi dan dianalisis setiap materi pokok dan setiap aspek penilaian. Skor yang diperoleh selanjutnya dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku eksperimen sederhana sains aspek kimia untuk siswa SMP/MTs kelas VII dengan skor rata-rata penilaian kualitas buku eksperimen sederhana untuk materi pokok l, II, Ilt, clan IV berturut-turut sebesar 1 11; 109; 110,4; dan 112,4. Persentase keidealannya berturut-turut adalah 82,22 %; 80,74 %; 81,78 %; 83,26 %. Skor rata-rata buku eksperimen sederhana secara keseluruhan sebesar 110,7 dengan persen keidealan sebesar 82%. Berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal, buku eksperimen sederhana yang dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) sehingga Iayak digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran kegiatan eksperimen secara mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item