Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Garis dan Sudut dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan Software Wingeom

Pradipta, Dyah and Hernawati, Kuswari (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Garis dan Sudut dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan Software Wingeom. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
T-11.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbantuan software Wingeom dengan pendekatan inquiry untuk siswa SMP kelas VII pada materi garis dan sudut serta mengetahui kualitasnya ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian LKS oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru matematika untuk mengukur kevalidan LKS, angket respon oleh siswa untuk mengukur kepraktisan LKS, soal tes hasil belajar untuk mengukur kefektifan LKS, dan lembar observasi untuk mengamati dan mencatat keterlaksanaan pembelajaran.Hasil pengembangan berbentuk lembar kegiatan siswa (LKS) berbantuan software Wingeom dengan pendekatan inquiry untuk siswa SMP kelas VII pada materi garis dan sudut yang dinyatakan layak karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil validasi LKS oleh ahli materi menunjukkan nilai 4,18 dengan klasifikasi “Baik”, penilaian oleh ahli media menunjukkan nilai 3,97 dengan klasifikasi “Baik, dan penilaian oleh guru menunjukkan nilai 4,57 dengan klasifikasi “ Sangat Baik”, sehingga LKS dapat dikatakan valid karena memenuhi klasifikasi minimal baik. Hasil angket respon siswa didapatkan rata-rata 4,19 dengan klasifikasi “Baik”, sehingga LKS dapat dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal baik. Dari tes hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,12% dengan klasifikasi “Baik”. Ini menunjukkan keefektifan pembelajaran menggunakan LKS karena memenuhi klasifikasi minimal baik. Kata kunci: materi garis dan sudut, pendekatan inquiry, software wingeom

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 16 Feb 2016 08:26
Last Modified: 14 Oct 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29781

Actions (login required)

View Item View Item