PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENULIS TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Ari Qhurniawan, Dwi (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENULIS TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN PENDEKATAN PROSES UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DWI ARI QHURNIAWAN_NIM 11201241038_PBSI_FBS_UNY_2016.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks eksplanasi berdasarkan pendekatan proses untuk siswa SMP Kelas VII dan menguji kelayakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan multimedia yang dikembangkan oleh Allesi dan Trollip. Prosedur pengembangan tersebut meliputi: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa, dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, pembuatan flowcharts, dan storyboards. Tahap akhir yakni proses pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi. Evaluasi terdiri atas uji alpa dan uji beta. Subjek uji alpa adalah ahli materi dan ahli media, sementara uji beta terdiri atas seorang guru bahasa Indonesia dan 20 siswa SMP Negeri 2 Purworejo. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan validasi menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert dengan rentang skor 1 sampai 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penilaian dari ahli materi terhadap produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan diperoleh rata-rata skor 4,38 dikatergorikan dalam kategori “sangat baik”; (b) penilaian ahli media terhadap produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan diperoleh rata-rata skor 3,81 dikatergorikan dalam kategori “baik”; (c) penilaian dari guru bahasa Indonesia sebagai pengguna diperoleh rata-rata skor 4,3 dikatergorikan dalam kategori “sangat baik”; (d) penilaian dari siswa sebagai pengguna diperoleh rata-rata skor 4,58 dikatergorikan dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dinyatakan, bahwa multimedia pembelajaran interaktif menulis teks eksplanasi berdasarkan pendekatan proses untuk siswa SMP Kelas VII “layak” digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:52
Last Modified: 30 Jan 2019 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item View Item