PENGARUH MINAT MAHASISWA MENJADI GURU DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY

Dyah Setyowati, Aziza (2016) PENGARUH MINAT MAHASISWA MENJADI GURU DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AZIZA_DYAH_SETYOWATI_11404244005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) minat mahasiswa menjadi guru terhadap motivasi mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). (2) pendapatan orang tua terhadap motivasi mengikuti PPG. Serta (3) minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orang tua terhadap motivasi mengikuti PPG di Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kausal. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel terikat yaitu motivasi mengikuti PPG, serta variabel bebas yang meliputi minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orang tua. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2014 sebanyak 265 mahasiswa dan sampel sebanyak 165 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratrified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat mahasiswa menjadi guru terhadap motivasi mengikuti PPG. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap motivasi mengikuti PPG. (3) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orang tua terhadap motivasi mengikuti PPG. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,783 dapat diartikan bahwa 78,3% motivasi mengikuti PPG dipengaruhi oleh minat mahasiswa menjadi guru dan pendapatan orang tua, sedangkan sisanya sebesar 21,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sumbangan relatif variabel minat mahasiswa menjadi guru terhadap motivasi mengikuti PPG sebesar 75,3%, sedangkan sumbangan relatif variabel pendapatan orang tua terhadap motivasi mengikuti PPG sebesar 24,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:49
Last Modified: 30 Jan 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29734

Actions (login required)

View Item View Item