UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PEMANFAATAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN MEMBATIK SISWA KELAS 1 DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Khusnul, Khotimah (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PEMANFAATAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN MEMBATIK SISWA KELAS 1 DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
KHUSNUL KHOTIMAH 10513241001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PEMANFAATAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN MEMBATIK SISWA KELAS 1 DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN Oleh Khusnul Khotimah NIM. 10513242001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan memanfaatkan media poster dalam pembelajaran membatik siswa kelas 1 di SMK Ma’arif 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling sehingga memperoleh sampel yang sebanyak 34 siswa.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar observasi. validasi yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan memanfaatkan media poster: siswa memperhatikan pejelasan guru meningkat 23,52%, siswa mengamati petunjuk yang diberikan oleh guru meningkat 41%, siswa mengikuti petunjuk yang diberikan guru meningkat 41,17%, siswa turut serta melakukan kegiatan belajar meningkat 26,47%, siswa mengikuti tes tertulis dengan baik meningkat 55,88%, siswa memanfaatkan media poster sebagai sumber belajar yang disediakan guru meningkat 14,70%, siswa dapat menguasai tujuan pembelajaran meningkat 11,76%, siswa memperhatikan dengan aktif meningkat 11,76 %, siswa aktif dan tekun mengerjakan tugas meningkat 8,82%, siswa untuk bertanya meningkat 14,70%, siswa menyelesaikan tugas tepat waktu meningkat 11,76%, siswa memperhatikan media yang diberikan oleh guru di depan kelas meningkat 0,0%, siswa memperhatikan dan mengamati materi di dalam poster meningkat 2,94%, siswa diminta mencatat meningkat 0,0%. Selain itu upaya yang dilakukan untuk hal tersebur adalah dengan dilakukannya ujian tertulis, dengan upaya tersebut terbukti adanya peningkatan hasil belajar yang terlihat dari nilai rata-rata (mean) hasil belajar siswa sebesar 88,44. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya upaya peningkatan aktifitas dengan memanfaatkan media poster pada pembelajaran membatik siswa ke 1 SMK ma’arif 2 Sleman. Kata Kunci : kualitas pembelajaran, media poster, membatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Feb 2016 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item