PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III C SD NEGERI JARAKAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Bethan, Diana Sulastry (2016) PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS III C SD NEGERI JARAKAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Diana Sulastry Bethan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang melalui permainan kartu soal di kelas III C SD Negeri Jarakan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III C yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang di kelas III C SD Negeri Jarakan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Pada pra siklus ada 2 siswa (7%) yang sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 20,31, pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa (39%) yang sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 55,53 dan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (75%) yang sudah berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 78,2. Hal itu didukung oleh peningkatan aktivitas guru dari 83% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II dan diikuti oleh meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, kesungguhan siswa dalam melakukan permainan, keantusiasan siswa mendengarkan penjelasan guru tentang aturan permainan dan kerjasama siswa dalam kelompok. Kata kunci :Permainan Kartu Soal dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29727

Actions (login required)

View Item View Item