PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Katur, Katur (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Katur 10501247011.pdf

Download (56MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Oleh: Katur NIM: 10501247011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran muatan lokal keterampilan elektronika pada siswa VIII-E SMP Negeri 2 Candimulyo, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Siklus I dilakukan dalam dua kali pertemuan dan Siklus II dalam empat kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Candimulyo Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi,tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari tes hasil belajar dianalisis dengan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes sebelum siklus, dan antar siklus dengan indikator kinerja, sedangkan observasi maupun wawancara dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran muatan lokal keterampilan elektronika pada siswa VIII-E SMP Negeri 2 Candimulyo, Kabupaten Magelang, hal ini ditunjukkan terjadinya peningkatan nilai prestasi hasil belajar dari 78,80 pada Siklus I menjadi 81,93 pada Siklus II dan tingkat ketuntasan klasikal dari 77% pada Siklus I menjadi 87% pada akhir Siklus II. Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, kualitas pembelajaran. This

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item View Item