Susanti, Iin Rani and SHM, Bambang (2015) Augmented Reality: Visualisasi Batik 3D Ragam Hias Geometris Motif Ceplok, Kawung, Nitik, dan Parang. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.
|
Text
T-2.pdf Download (680kB) | Preview |
Abstract
Batik sebagai warisan budaya dunia milik bangsa Indonesia perlu dipublikasikan dan ditumbuhkembangkan. Pengembangan prototipe aplikasi Augmented Reality (AR) untuk memvisualisasikan batik 3 dimensi (3D) dengan ragam geometris, menggunakan metode marker based tracking dengan perangkat pengembangan Unity. Marker berupa potongan satuan unit gambar motif batik Ceplok, Kawung, Nitik, dan Parang yang dibuat dalam bentuk buku saku. Obyek 3D berupa motif batik berbentuk kerangka dan pejal yang dapat diputar ke atas-bawah maupun ke kanan-kiri. Aplikasi dapat berjalan dengan baik ditinjau dari aspek usability (3,55) sangat baik, correctness (3,18) dan reliability (3,25) baik, serta efficiency (2,82) dan portablity (2,93) cukup baik. Tinggat kemiripan pola 3D untuk motif Kawung (3,80), Nitik (3,80), dan Parang (3,33) sangat baik, serta Ceplok (3,13) baik. Sudut pandang yang menarik serta mudah dikenali adalah dengan merotasi objek terhadap sumbu z 45o. Kata kunci: Augmented Reality, Batik 3D, Ragam Geometris
Item Type: | Conference or Workshop Item (Other) |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Administrator |
Date Deposited: | 13 Feb 2016 17:40 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29688 |
Actions (login required)
View Item |