Aplikasi Fuzzy Inference System Dalam Penilaian Prestasi Mahasiswa

Sari, Rani Mita and Abadi, Agus Maman (2015) Aplikasi Fuzzy Inference System Dalam Penilaian Prestasi Mahasiswa. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
A - 10.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan tenaga pengajar dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar atau hasil prestasi para anak didiknya. Prestasi belajar adalah hasil belajar mahasiswa atau pelajar terhadap bidang yang ditekuninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa dengan memanfaatkan Fuzzy Inference System metode mamdani dalam program Matlab. Tujuan lain adalah untuk melihat hasil perbandingan hasil prestasi antara perhitungan rata-rata biasa, jika diberikan bobot yang berbeda pada setiap variabel inputnya dan menggunakan progam yang telah dibuat dengan Fuzzy Inference System. Ada empat faktor utama yang mempengaruhi prestasi seorang mahasiswa dalam suatu mata kuliah: yang pertama nilai ujian tengah semester, kedua presentasi materi, ketiga nilai tugas dan terakhir adalah nilai ujian akhir semester. Keempat faktor tersebut akan dijadikan variabel input yang masing-masing mempunyai tiga terma yaitu kurang, baik, dan sangat baik. Selanjutnya variabel input diolah menggunakan Fuzzy Inference System dengan metode mamdani. Hasil output yang akan diperoleh berupa penilaian prestasi mahasiswa yaitu mahasiswa tersebut termasuk dalam golongan kurang, cukup, baik atau istimewa. Kata kunci: Prestasi Mahasiswa, Logika Fuzzy, Fuzzy Inference Sistem, Variabel linguistik, Model Mamdani, Fungsi Keanggotaan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 13 Feb 2016 16:23
Last Modified: 14 Oct 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item