USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) KELAS XI KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 2 YOGYAKARTA

Jauhari, Prasetiawan (2016) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) KELAS XI KELOMPOK KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JAUHARI PRASETIAWAN 08505241011.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor yang berpengaruh kuat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Sedangkan mata pelajaran RAB ix merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa jurusan bangunan, karena dengan adanya pelajaran RAB siswa diharapkan akan mampu merencanakan biaya yang dibutuhkan dalam suatu perencanaan bangunan. Disinilah tugas guru untuk menyajikan bahan ajar RAB agar menjadi pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara “Usaha Guru (X)” dengan “Minat Belajar Siswa (Y)” matapelajaran RAB dan bagaimana saja usaha guru dalam meningkatkan minat tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah kelompok keahlian teknik bangunan yaitu program keahlian Teknik Survey dan Pemetaan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Batu dan Beton yang ada di SMK N 2 Yogyakarta. Dalam penelitian ini jumlah populasi 169 orang siswa dan setelah dilakukan perhitungan dengan nomogram Harry King, jumlah sampel 67 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan wawancara. Validitas yang digunakan adalah validitas konstrak dan uji butir instrumen kepanda populasi non sampel. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh Persentase sumbangan usaha guru dalam meningkatkan minat belajar siswa diperoleh hasil 18,3%. Usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa, diperoleh hasil antara lain: (1) Guru memeberikan motivasi kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, dan gambaran kegunaan mempelajari matapelajaran RAB di dunia industri; (2) Mengidentifikasi masalah yang membuat siswa kurang dalam mencerna materi yang diajarkan sehingga dapat dilakukan tindakan sesuai dengan permasalaha yang dihadapi oleh siswa; dan (3) juga mengembalikan hasil karya siswa kepada peserta didik dan mengharainya dengan nilai, sehingga siswa merasa hasil karyanya diharai oleh orang lain, dengan beitu siswa menjadi termotivasi untuk membuat karya lagi. .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: usaha guru, minat belajar siswa, RAB
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Feb 2016 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item