Pengaruh Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Lombok Barat

Wahyuni, Niky (2016) Pengaruh Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Lombok Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-niky-wahyuni-13706251014.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Tujuan pertama: mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis deskriptif. Tujuan kedua: mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis deskriptif. Tujuan ketiga: mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis deskriptif. Tujuan keempat: mengetahui apakah ada korelasi positif dan signifikan kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan tata bahasa secara simultan terhadap kemampuan menulis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII MTs di kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs di Kab. Lombok Barat tahun ajaran 2014/1015. Sampel dipilih secara bertahap melalui cluster area random sampling dan stratifikasi. Pengumpulan data menggunakan skala Likert dan pemberian tes. Validasi instrumen mengunakan validitas isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi ganda dengan menggunakan bantuan program pengelolaan data statistik SPSS 21.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca tidak memberikan korelasi positif dan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis siswa karena hasil uji korelasi parsial sebesar ̶ 0,035 dan nilai thitung<ttabel atau -0,648 < 1,967 serta hasil signifikansi 0,517 > 0,05. Penguasaan kosakata memiliki korelasi positif dan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis deskriptif siswa, hal ini dibuktikan oleh oleh hasil perhitungan korelasi parsial sebesar 0,070 dan nilai thitung>ttabel atau 3.657 > 1,967. Selanjutnya penguasaan tata bahasa memiliki korelasi positif dan pengaruh signifikan dengan hasil nilai perhitungan korelasi parsial sebesar 0,023 dan thitung>ttabel yaitu 5.199 > 1,967. Kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan tata bahasa secara simultan juga memiliki korelasi positif dan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis deskriptif siswa kelas VII MTs di Kab. Lombok Barat Tahun Ajaran 2014/2015 dengan temuan hasil Fhitung > Ftabel 9,521 > 2,640 juga nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta ditemukannya nilai R2 sebesar 10,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, penguasaan kosa kata, penguasaan tata bahasa, kemampuan menulis deskriptif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Feb 2016 06:38
Last Modified: 09 May 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29657

Actions (login required)

View Item View Item