Pengembangan Media Pembelajaran Audio Bertema Lingkungan untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas X SMA

Rahmilda, Roqoyyah (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Bertema Lingkungan untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-niky-wahyuni-13706251014.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan pertama, untuk mengetahui media pembelajaran audio bertema lingkungan yang dibutuhkan untuk keterampilan menyimak siswa kelas X SMA. Tujuan kedua, mengembangkan media pembelajaran audio bertema lingkungan untuk keterampilan menyimak siswa kelas X SMA. Tujuan ketiga, mengetahui kualitas media pembelajaran audio bertema lingkungan yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg & Gall. Desain uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu validasi ahli dan uji coba produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru. Subjek uji coba penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandongan, SMA Sholihin, dan SMA Sudirman yang berjumlah 85 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi. Berdasarkan analisis kebutuhan, tema yang dipilih untuk media pembelajaran audio bertema lingkungan yang dikembangkan adalah perikanan. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan program Lectora dan dikemas dalam bentuk CD yang dapat dioperasikan dengan VCD ataupun komputer. Komponen yang ada dalam media pembelajaran audio bertema lingkungan untuk keterampilan menyimak siswa kelas X SMA, yaitu tampilan awal, materi ajar, lembar kerja, latihan soal, dan bagian penutup. Media yang dikembangkan memiliki kualitas penilaian “baik” dari ahli materi dengan rerata 3,40, “sangat baik” dari penilaian ahli media dengan rerata 4,60, dan termasuk dalam kriteria “baik” dengan rerata 3,60 ditinjau dari penilaian guru bahasa Indonesia. Hasil uji coba lapangan menunjukkan produk yang dikembangkan sudah “baik” dengan rerata 3,73. Hasil tersebut menunjukkan produk media pembelajaran audio bertema lingkungan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk keterampilan menyimak siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran audio, lingkungan, keterampilan menyimak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:47
Last Modified: 09 May 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item View Item