Januar, Teguh Setyadi (2016) PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.
|
Text
JANUAR TEGUH SETYADI 09503244029.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 PENGASIH Oleh: Januar Teguh Setyadi 09503244029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik; (2) Mengetahui perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik; (3) Mengetahui pengaruh integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2 Pengasih; (4) Mengetahui besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X di SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel bebas adalah integrasi soft skills dan perilaku belajar sebagai variabel terikat. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas 1TP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 1TP2 sebagai kelas kontrol. Data diambil melalui observasi dan kuesioner. Analisis data melalui statistik frekuensi dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih sebelum adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik adalah kurang baik dengan nilai 61,09 untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol dengan nilai 63,44 dalam kategori biasa; (2) Perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih setelah adanya integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik meningkat yaitu 76,25 untuk kelas eksperimen dalam kategori biasa dan nilai 73,91 untuk kelas kontrol dalam kategori biasa; (3) Ada Pengaruh Integrasi Soft Skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa kelas X SMKN 2 Pengasih berdasarkan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi 0,445 dengan kategori sedang; (4) Besar sumbangan integrasi soft skills dalam mata pelajaran Teknologi Mekanik terhadap perilaku belajar siswa cukup signifikan yaitu 19,8%. Kata Kunci : Integrasi soft skills, perilaku belajar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 03:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29648 |
Actions (login required)
View Item |