KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA MODUL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PCPT TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PRODUKTIF PCPT SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Jaka, Cipta Perdana (2016) KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA MODUL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PCPT TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PRODUKTIF PCPT SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Jaka Cipta Perdana 06504244029.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA MODUL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PCPT TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PRODUKTIF PCPT SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh : Jaka Cipta Perdana NIM. 06504244029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi persepsi siswa tentang penggunaan media modul dan minat belajar siswa pada mata diklat PCPT secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap penguasaan kompetensi produktif PCPT siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode survei dengan rancangan penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan populasi dengan jumlah populasi 115 siswa, yakni seluruh kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk data persepsi siswa tentang penggunaan media modul dan data minat belajar siswa pada mata diklat PCPT. Data penguasaan kompetensi produktif PCPT siswa diambil menggunakan metode dokumentasi, yakni berupa nilai teori dan praktik uji kompetensi mata diklat perbaikan chasis dan pemindah tenaga (PCPT). Pengujian validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas instrumen dicari menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Butir pernyataan angket dinyatakan valid apabila rhitung > rtabel dan dinyatakan gugur apabila rhitung < rtabel. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment, korelasi ganda, serta mencari kontribusi relatif (SR%) dan kontribusi efektif (SE%). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang positif dari persepsi siswa tentang penggunaan media modul terhadap penguasaan kompetensi produktif PCPT siswa, dengan SR%=70,62% dan SE%=40,82% dan harga koefisien korelasinya sebesar 0,671 (kategori keeratan hubungan “cukup”); (2) Terdapat kontribusi yang positif dari minat belajar siswa pada mata diklat PCPT terhadap penguasaan kompetensi produktif PCPT siswa, dengan SR%=29,38% dan SE%=16,98% dan harga koefisien korelasinya sebesar 0,654 (kategori keeratan hubungan “cukup”); (3) Terdapat kontribusi yang positif dari persepsi siswa tentang penggunaan media modul dan minat belajar siswa pada mata diklat PCPT secara bersama-sama terhadap penguasaan kompetensi produktif PCPT siswa, dengan SR%=100% dan SE%=57,80% dan harga koefisien korelasi gandanya sebesar 0,760 (kategori keeratan hubungan “kuat”). Kata Kunci: Persepsi Siswa, Minat Belajar Siswa dan Penguasaan Kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Feb 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item