PENINGKATAN KOMPETENSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA MATERI MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

ISTI, BUDIANINGSIH (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA MATERI MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Isti Budianingsih 0451321030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA MATERI MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA ISTI BUDIANINGSIH 04513241030 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran kreatif produktif pada materi mata diklat Menggambar Busana dan (2) mengetahui peningkatan kompetensi siswa pada materi mata diklat Menggambar Busana melalui penerapan metode pembelajaran kreatif produktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus satu kali peemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Karya Rini Yogyakarta berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi untuk menilai tindakan kelas dan sikap siswa. Tes untuk mengungkap prestasi siswa berupa tes teori dan praktek. Uji validitas instrument penelitian kemampuan teori menggunakan judgement exspert teknik korelasi point biserial dengan berstatus andal berjumlah 15 item. Lembar pengamatan menggunakan judgement exspert dan correlation product moment berjumlah 60 item dengan item gugur 9, yaitu nomor 7,10,13,25,30,46,51,55, dan 56. Reliabilitas pada lembar observasi dan tes praktek menggunakan antar rating dengan hasil 0,89 dan 0,94. Reliabilitas tes pilihan ganda menggunakan KR-20 dengan hasil 0,84. Analisis data dalam penelitian ini mengguanakan teknik analisis deskriptif dengan persentase dengan menghitung nilai ketuntasan belajar tiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan siklus I, meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi dengan pembelajaran kreatif. Tindakan, tahap eksplorasi mengkaji materi melalui referensi gambar desain, majalah mode, dan modul, tahap interpretasi siswa menginterpretasikan hasil kajian dan guru menarik kesimpulan, tahap rekreasi siswa membuat gambar busana secara mandiri dan kreatif. Pengamatan, sebagian siswa belum melakukan tahap ekplorasi, interpretasi, dan rekreasi dengan baik. Refleksi, kompetensi belum mencapai standar ketuntasan. Siklus II, perencanaan, meningkatkan partisipasi siswa pada tahap eksplorasi, interpretasi, dan rekreasi. Tindakan guru menambah motivasi dan bimbingan pada tiap tahap. Pengamatan, partisipasi dan aktivitas belajar siswa meningkat. Refleksi, metode kreatif produktif dapat diterapkan pada pembelajaran menggambar busana dengan baik dan ketuntasan belajar siswa meningkat. Kompetensi pada siklus I dan siklus II meningkat cukup signifikan, ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar pra siklus 35.3% atau 12 dari 34 siswa. Siklus I 61.8% atau 21 dari 34 siswa. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 26.5% dari 35.3% menjadi 61.8%. Ketuntasan belajar siklus II 76.5%. ketuntasan belajar meningkat meningkat sebesar 14.7% dari 61.8% menjadi 76.5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan kompetensi pada materi mata diklat menggambar busana pada kelas X di SMK Karya Rini Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Feb 2016 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item