PERBAIKAN BODI DAN PENGECATAN MOBIL HI - JET 1000 BAGIAN SISI KANAN

I Kadek, Soka (2011) PERBAIKAN BODI DAN PENGECATAN MOBIL HI - JET 1000 BAGIAN SISI KANAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Abstrak_inggris.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Proyek akhir yang berjudul perbaikan bodi dan pengecatan mobil Hi - Jet 1000 bagian sisi kanan bertujuan untuk : (1) mengembalikan kondisi plat bodi kendaraan ke kondisi semula ; (2) mengembalikan warna cat kendaraan kekondisi semula ; (3) meningkatkan nilai seni dari kendaraan. Proses perbaikan bodi dan pengecatan mobil Hi - Jet 1000 di bagian sisi kanan meliputi menilai perluasan permukaan yang rusak, merencanakan bahan yang dibutuhkan, melakukan perbaikan bodi dengan cara mengganti plat yang keropos dan berlubang dengan teknik pengelasan, mengupas lapisan cat lama, melakukan pendempulan, melakukan pengamplasan dempul, melakukan proses masking, mengaplikasikan surfacer, melakukan pengamplasan epoxy surfacer, mengaplikasikan top coat, mengamplas lapisan top coat, mengaplikasikan clear dan melakukan proses polishing. Alat yang dibutuhkanmeliputi : unit las asetilin, kompresor udara, spatula, gerinda tangan, air dust gun, spray gun, blok tangan dan ember. Bahan yang dibutuhkan meliputi : plat galvanis, kawat bahan tambah, dempul, amplas, masking paper, isolasi kertas, thinner, epoxy surfacer, cat Nippe 2000, clear Panzer dan compound Ivory. Setelah semua proses selesai, dilakukan pengujian kualitas dan cacat pengecatan secara visual dengan metode pengisian lembar penilaian. Pengisian lembar penilaian dilakukan oleh tiga pihak yaitu pihak bengkel cat, dosen yang berkompeten di bidang pengecatan dan mahasiswa yang nilai pengecatannya minimal B+. Hasil pengecatan mobil Hi - Jet 1000 di bagian sisi kanan diuji secara visual yang dilakukan oleh penguji yang berkompeten menggunakan lembar penilaian. Untuk hasil pengecatan ulang berdasarkan penilaian para ahli yaitu kerataan dempul di bagian kanan mendapatkan hasil cukup baik (nilai 50 – 69) sedangkan kerataan panel, tekstur cat dan daya kilap mendapatkan nilai baik (nilai 70 – 85). Selain itu terdapat sedikit cacat (kode S, jumlah cacat 1% - 2%) hasil pengecatan yang berupa goresan amplas, kulit jeruk, mengkerut, meleleh dan mata ikan.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 07 Aug 2012 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item