PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Ismail, Ismail (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ismail 09502241031.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Ismail NIM. 09502241031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar; dan (4) pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 62 siswa yang seluruhnya diambil sebagai responden penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan program komputer SPSS v20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,258; (2) Terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,417; (3) Terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,700; (4) Terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,753. Koefisien determinasi (r2) sebesar 0,567. Sumbangan efektif lingkungan keluarga sebesar 4,9329%, lingkungan sekolah sebesar 8,6751%, dan kebiasaan belajar sebesar 43,092%. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Feb 2016 02:43
Last Modified: 30 Jan 2019 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item View Item