TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS ATAS TENTANG PERILAKU HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Wasiluddin Warisatmaja (2016) TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS ATAS TENTANG PERILAKU HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa siswa yang belum menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah, hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa yang masih mengkonsumsi jajanan makanan di luar kantin sekolah, masih juga membuang sampah sembarangan serta masih ada siswa yang lupa mencuci tangan sebelum makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas atas tentang perilaku hidup sehat di SD Muhammadiyah Kedunggong Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SD Muhammadiyah Kedunggong yang berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dari Aris Tamaji (2014). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dengan program SPSS 17,0. Hasil penelitian tingkat pengetahuan siswa kelas IV, V, dan VI SD Muhammadiyah Kedunggong Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo, menunjukkan hasil dalam kategori kurang dengan persentase sebesar 31,75%. Kemudian didapatkan hasil bahwa untuk kategori sangat tinggi sebesar 6,35% ; kategori tinggi sebesar 25,40% ; kategori cukup sebesar 26,98% ; Kategori kurang sebesar 31,75% ; kategori kurang sekali 9,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, perilaku hidup sehat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:46
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item