TINGKAT KREATIVITAS GURU UNTUK MENGATASI KETERBATASAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO

Wahyu Riyanto (2015) TINGKAT KREATIVITAS GURU UNTUK MENGATASI KETERBATASAN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Wahyu Riyanto_11601247197.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah belum teridentifikasi besarnya kreativitas guru untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri s eKecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat kreativitas guru untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri se-Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu kreativitas guru untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survei dengan menggunakan angket yang sudah disediakan pilihan jawaban sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian adalah keseluruhan guru Penjasorkes SD Negeri se-Kecamatan Kaligesing sejumlah 30 guru. Instrumen penelitian merupakan angket bersumber dari Srikamta (2009). Instrumen menunjukkan bahwa semua bitir tes mempunyai nilai validitas diatas r 0,343. Nilai reliabilitas sebesar 0,790 yang berarti instrumen tersebut reliabel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik t abel analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase menggunakan lima kategori penila ia n, yaitu: Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang, Rendah, Dan Sangat Rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tingkat kreativitas guru untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri SeKecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 1 guru Penjasorkes atau sebesar 3,33 %; kategori “tinggi” sebanyak 7 guru Penjasorkes atau sebesar 23,34 %; kategori “sedang” sebanyak 14 guru Penjasorkes atau sebesar 46,66 %; kategori “rendah” sebanyak 7 guru Penjasorkes atau sebesar 23,34 %; dan kategori “sangat rendah” sebanyak 1 guru Penjasorkes atau sebesar 3,33 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kreativitas Guru, Keterbatasan Sarpras, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:46
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29630

Actions (login required)

View Item View Item