PERBEDAAN AKTIVITAS JASMANI SISWA PUTRA DAN PUTRI SAAT ISTIRAHAT SEKOLAH DI WILAYAH URBAN PROVINSI DIY

Agus Supriyanto (2016) PERBEDAAN AKTIVITAS JASMANI SISWA PUTRA DAN PUTRI SAAT ISTIRAHAT SEKOLAH DI WILAYAH URBAN PROVINSI DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas jasmani yang dilakukan siswa putra dan siswa putri SD kelas V saat istirahat sekolah di wilayah urban DIY. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas V di wilayah urban Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah purposive sampling. Berdasarkan hal tersebut maka sampel yang memenuhi kriteria berasal dari SD N Samirono dan SD N Catur Tunggal 7. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 54 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan alat pedometer merk Nesco FJ 101 dengan kapasitas mencatat hingga 99.999 langkah kaki. Alat pedometer digunakan untuk mengukur tingkat aktivitas jasmani siswa putra dan putri saat istirahat sekolah yaitu berdasarkan jumlah langkah kaki. Hasil penelitian ini yaitu rerata aktivitas jasmani siswa putra sebanyak 1897.5. Sedangkan nilai rerata aktivitas jasmani siswa putri sebesar 1507.4. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat aktivitas jasmani siswa kelas V putra dan putri saat istirahat sekolah di wilayah urban Kecamatan Depok Provinsi DIY berkategori sangat tinggi, sebesar 7.41% (2 siswa) berkategori tinggi, sebesar 14.81% (4 siswa) berkategori sangat cukup, sebesar 18.52% (5 siswa) berkategori cukup, sebesar 25.93% (7 siswa) berkategori rendah, sebesar 22.22% (6 siswa) berkategori sangat rendah, sebesar 11.11% (3 siswa) untuk siswa putri dalam melakukan aktivitas jasmani saat istirahat sekolah berkategori sangat tinggi, sebesar 7.41% (2 siswa) berkategori tinggi, sebesar 7.41% (2 siswa) berkategori cukup, sebesar 22.22% (6 siswa) berkategori rendah, sebesar 22.22% (6 siswa) berkategori sangat rendah, sebesar 40.74% (11 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Jasmani, Siswa, istirahat sekolah, Wilayah Urban.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:46
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29627

Actions (login required)

View Item View Item