PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI SISTEM LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

IRVAN, HADI PURNOMO (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI SISTEM LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Irvan Hadi 05504241007.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI SISTEM LISTRIK OTOMOTIF KELAS XI PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : IRVAN HADI PURNOMO NIM. 05504241007 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol; Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Control Group. subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas TKR 5 dan kelompok kontrol yaitu kelas TKR 2. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t=1,932 yang nilainya lebih besar dari ttabel=1,6716. Prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai t=2,344 yang nilainya lebih besar dari ttabel=1,6716. Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Feb 2016 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item