IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBATIK DI SMK N 5 YOGYAKARTA

Irma, Suci Zasari (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBATIK DI SMK N 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Irma Suci Zasari 07513245009.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBATIK DI SMK N 5 YOGYAKARTA Oleh: Irma Suci Zasari 07513245009 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap: (1) persiapan pembuatan motif, (2) tahap pelekatan lilin, (3) tahap pewarnaan, (4) tahap pelepasan lilin dalam proses membatik. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II jurusan Kria Tekstil A dan B di SMK N 5 Yogyakarta sebanyak 80 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 65 siswa yang diambil dengan teknik Propotional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner model angket tertutup yang pengukurannya menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan : (1) Kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap persiapan pembuatan ragam hias terdapat pada proses memindahkan motif pada kain dengan persentase sebesar 49,2%, (2) Kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap pelekatan lilin terdapat pada proses ngelowong yaitu dengan persentase sebesar 49%, (3) Kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap pewarnaan terdapat pada proses penentuan ukuran warna dengan persentase sebesar 20%, (4) Kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap pelepasan lilin terdapat pada proses perebusan kain sebesar 15,4%. Kata kunci : kesulitan, persiapan, proses

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Feb 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29619

Actions (login required)

View Item View Item