PENGARUH METODE PART AND WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 4 PACITAN

Gleggo Cahyo Winbiyanto (2016) PENGARUH METODE PART AND WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 4 PACITAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GLEGGO (11601244038).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengamatan saat pembelajaran teknik dasar servis bawah bolavoli pada ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 4 Pacitan, penulis menemukan banyak siswa yang belum bisa melakukan teknik dasar servis bawah dengan baik dan benar, untuk itu perlu adanya proses latihan dalam meningkatkan kemampuan servis bawah bolavoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penggunaan metode Part and Whole terhadap hasil belajar teknik dasar servis bawah bolavoli pada peserta esktrakurikuler bolavoli SMP N 4 Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan instrumen berupa tes servis bawah bolavoli. Validitas instrumen servis bawah dalam penelitian ini sebesar 0,555 dan reliabilitasnya sebesar 0,682. Subjek penelitian adalah peserta esktrakurikuler bolavoli SMP N 4 Pacitan sebanyak 25 anak. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Hasil penelitian nilai t hitung (12,387) > t tabel (2,064), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, dengan demikian diartikan Ha: diterima dan Ho: ditolak. Dapat diartikan ada pengaruh metode Part and Whole terhadap hasil belajar teknik dasar servis bawah bolavoli pada ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 4 Pacitan dengan peningkatan persentasenya sebesar 51,75 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode part, metode whole, servis bawah bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:45
Last Modified: 11 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item