PENGEMBANGAN MEDIA PELATIHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI ANGGAR DALAM MEMPERKENALKAN OLAHRAGA ANGGAR UNTUK ATLET KADET PEMULA, KADET, JUNIOR

Bagus Herdiyanto (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PELATIHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI ANGGAR DALAM MEMPERKENALKAN OLAHRAGA ANGGAR UNTUK ATLET KADET PEMULA, KADET, JUNIOR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pelatihan permainan monopoli anggar dalam memperkenalkan olahraga anggar untuk peserta didik atau atlet kategori kadet pemula, kadet, junior dan dapat digunakan sebagai media pengajaran untuk pelatih serta atlet/ peserta didik dalam melatih kemandirian latihan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan sepuluh langkah dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini terlebih dahulu divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media dan 5 peserta didik untuk uji subyek uji coba satu lawan satu, 15 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, 30 peserta didik untuk uji coba lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah klub anggar NECL DIY, atlet anggar IKASI Kulonprogo, atlet anggar IKASI Bantul. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil pengembangan ini adalah media pelatihan permaianan monopoli olahraga anggar yang layak digunakan sebagai media pelatihan. Kelayakan aspek materi/ pelatihan menurut penilaian ahli materi memperoleh persentase 85%, uji coba satu lawan satu sebesar 88%, uji coba kelompok kecil sebesar 89%, uji coba kelompok besar sebesar 93%. Kelayakan aspek desain media menurut penilaian ahli media memperoleh persentase 86%, uji coba satu lawan satu sebesar 90%, uji coba kelompok kecil sebesar 90%, uji coba kelompok besar sebesar 91%. Kelayakan aspek desain petunjuk permainan menurut penilaian ahli media memperoleh persentase 88%, uji coba satu lawan satu sebesar 80%, uji coba kelompok kecil sebesar 83%, uji coba kelompok besar sebesar 85%. Kelayakan aspek desain kotak kemasan permainan menurut penilaian ahli media memperoleh persentase 89%, uji coba satu lawan satu sebesar 86%, uji coba kelompok kecil sebesar 86%, uji coba kelompok besar sebesar 91%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pelatihan, Monopoli Anggar.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:44
Last Modified: 11 Mar 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29611

Actions (login required)

View Item View Item