PENDAPAT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TENTANG PEMBELAJARAN EFEKTIF YANG MENYENANGKAN

Ipnu, Triyanto (2016) PENDAPAT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TENTANG PEMBELAJARAN EFEKTIF YANG MENYENANGKAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ipnu Triyanto 08505241004.pdf

Download (91MB) | Preview

Abstract

PENDAPAT SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TENTANG PEMBELAJARAN EFEKTIF YANG MENYENANGKAN Oleh: Ipnu Triyanto 08505241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta Tentang Pembelajaran Efektif Yang Menyenangkan, SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 2 Wonosari, SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di 4 SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 292 siswa yang diambil dari populasi siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 2 Wonosari SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 1204 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional sampling Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepercayaan 95 %. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket. Uji validasi dengan mengkonsultasikan dengan ahli yaitu dosen dan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki persepsi tentang pembelajaran efektif yang menyenangkan berkategori cukup menyenangkan terbukti dengan persentase 67,04 %. (2) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Depok memiliki persepsi tentang pembelajaran efektif yang menyenangkan berkategori menyenangkan terbukti dengan persentase 71,22 %. (3) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari memiliki persepsi tentang pembelajaran efektif yang menyenangkan berkategori cukup menyenangkan terbukti dengan persentase 70,58 %. (4) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Pengasih memiliki persepsi tentang pembelajaran efektif yang menyenangkan berkategori cukup menyenangkan terbukti dengan persentase 62,18 %. (5) Siswa Paket Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari memiliki persepsi tentang pembelajaran efektif yang menyenangkan berkategori cukup menyenangkan terbukti dengan persentase 65,61 %. Kata kunci: pembelajaran efektif yang menyenangkan, teknik bangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Feb 2016 08:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item