STUDI KASUS IMPLEMENTASI SCIENTIFIC PROCESS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN VIRUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH KOTAMADYA YOGYAKARTA

Winanto, Handoko Zulvi Adha (2015) STUDI KASUS IMPLEMENTASI SCIENTIFIC PROCESS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN VIRUS DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH KOTAMADYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Handoko Zulvi Adha Winanto.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi scientific process pada kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran virus di MA Mu’allimin Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif eksploratif dan dilaksanakan pada bulan Agustus – November 2014 di MA Mu’allimin Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Dilakukan pengambilan data di kelas X semester 1 materi virus yang telah menerapkan kurikulum 2013 sebanyak 2 kali pertemuan. Data scientific process siswa didapatkan dari analisis observasi rekaman video proses pembelajaran materi virus. Pengelompokan kategori scientific process meliputi: mengobservasi, merumuskan persoalan, membuat hipotesis, perencanaan penelitian, melaksanakan penelitian, interpretasi data, prediksi, simpulan sementara, dan komunikasi. Hasil analisis rekaman video kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa scientific process siswa tidak terlaksana dalam pembelajaran virus, baik pada kedua pertemuan. Mayoritas pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, fenomena mengenai materi virus tidak dibawa ke dalam pembelajaran, sehingga kemampuan proses sains (scientific process) siswa tidak muncul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: scientific process, kurikulum 2013, MA Mu’allimin
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2016 23:23
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item