Indri, Fitriyati (2016) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA GAUN DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA-PURBALINGGA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Indri Fitriyati - 09513244006.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA GAUN DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA-PURBALINGGA Oleh: Indri Fitriyati NIM 09513244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada pembelajaran sebelum menggunakan metode drill siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga, 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada pembelajaran sesudah menggunakan metode drill siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga dan 3) Efektivitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran langsung untuk pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun siswa kelas XI busana butik SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain preeksperimen (pre-Experimental Designs) dengan tipe One-Group pretets-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI busana butik SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga yang berjumlah 52. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi yang terdiri dari tes pengetahuan bentuk soal pilihan ganda, observasi sikap dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen tes dan observasi menggunakan validitas isi (content validity). Uji reliabilitas instrumen menggunakan KR-20 dan Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada pembelajaran sebelum menggunakan metode drill siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga dari 26 siswa yaitu sebanyak 17 siswa (34,62%) belum mencapai KKM sedangkan yang telah mencapai KKM sebanyak 9 siswa (65,38%) dengan nilai tertinggi 83,00, nilai terendah 66 dan nilai rata-rata 70,69. 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada pembelajaran sesudah menggunakan metode drill siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga dari 26 siswa (100%) telah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 88,00, nilai terendah 75 dan nilai rata-rata 80,69. 3) Efektivitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran langsung untuk pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada siswa kelas XI busana butik SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan pencapaian kompetensi yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, pencapaian kompetensi siswa dengan menggunakan metode drill memiliki pencapaian kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan pencapaian kompetensi yang tidak menggunakan metode drill. Kata kunci: metode drill, pencapaian kompetensi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 20:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29592 |
Actions (login required)
View Item |