PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KERAJINAN MANIPULATING FABRIC DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN

Indra, Pertiwi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KERAJINAN MANIPULATING FABRIC DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
INDRA PERTIWI 05513241012.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KERAJINAN MANIPULATING FABRIC DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN Oleh : Indra Pertiwi 05513241012 Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Negeri 2 Piyungan. 2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric antara kelas yang menggunakan media benda nyata (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media benda nyata (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan” Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Piyungan sebanyak 5 kelas (VIII A, B, C, D, dan E). Teknik penentuan sampel, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling kelas dengan cara undian. Teknik penggumpulan data menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji- t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric pada kelas eksperimen yaitu 89.3 % tergolong pada kategori sudah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), sedangkan pada kelas kontrol yang tergolong pada kategori sudah mencapai nilai KKM sebanyak 67.8%. 2) Ada perbedaan pengaruh pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric antara kelas yang menggunakan media benda nyata (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media benda nyata (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan”. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai t hitung 2.938 dan nilai t tabel 2.048 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen 77.50, dan kelas kontrol 72.32. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada perbedaan pengaruh pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric antara kelas yang menggunakan media benda nyata (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media benda nyata (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan”, dapat diterima. Artinya penggunaan media benda nyata lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan kerajinan manipulating fabric di SMP Negeri 2 Piyungan”. Kata Kunci: Media benda nyata, pencapaian kompetensi, manipulating fabric

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Feb 2016 19:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29590

Actions (login required)

View Item View Item