PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MENJELASKAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR TEKNIK MESIN DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA

Fidrian, Kusumawanto (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MENJELASKAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR TEKNIK MESIN DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA. [Experiment/Research] (Submitted)

[img]
Preview
Text (Document)
THE_DEVELOPMENT_OF_LEARNING_MEDIA_MACROMEDIA_FLASH_BASIC_METAL_TREATMENT_PROCESS_INSTRUCTION_AT_BASIC_KNOWLEDGE_OF_MECHANICAL_ENGINEERING_IN_SMK_N_2_PENGASIH_KULON_PROGO.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dititikberatkan pada pengembangan untuk media flash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash yang dibuat untuk menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran KDTM (Kompetensi Dasar Teknik Mesin) di SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Yogyakarta, serta mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Data yang didapat merupakan data kuantitatif berupa skor dengan skala 4 (rentang 1 sampai 4). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran telah layak digunakan sebagai sumber belajar. Proses perancangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap antara lain: (1) studi pendahuluan, meliputi proses studi pustaka dan survei lapangan; (2) penyusunan draft produk, meliputi proses perencanaan pengembangan pembelajaran dan pengembangan media; (3) pengembangan produk, meliputi proses tanggapan ahli materi, tanggapan ahli media, tanggapan pemakaian terbatas, revisi produk, tanggapan pemakaian lebih luas, dan uji coba media. Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan terhadap media pembelajaran ini antara lain: (1) tanggapan ahli materi secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 80,00% dengan kriteria sangat layak; (2) tanggapan ahli media secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 85,41% dengan kriteria sangat layak; (3) tanggapan pemakaian terbatas secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 80,37% dengan kriteria sangat layak; (4) tanggapan pemakaian lebih luas secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 76,94% dengan kriteria sangat layak; (5) uji coba media secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 84,14% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 07 Aug 2012 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item