Indita, Kasmiranti (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK BAGI ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Indita kasmiranti K.D - 08511241015.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK BAGI ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SLB-C DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA Oleh: Indita Kasmiranti 08511241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan memasak bagi anak tunagrahita mampu didik. 2) Mendeskripsikan metode pembelajaran keterampilan memasak yang digunakan bagi anak tunagrahita mampu didik. 3) Mendeskripsikan media pembelajaran keterampilan memasak yang digunakan bagi anak tuna grahita mampu didik. 4) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatanhambatan yang dialami anak tunagrahita mampu didik pada saat praktik memasak SMLB di SLB Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive research) dengan subyek penelitian ini guru keterampilan dan anak tunagrahita mampu didik SMPLB dan SMALB di SLB Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Penelitian dilakukan dari bulan Desember - Juni 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data digunakan metode ketekunan pengamatan, kekuatan peneliti ,triagulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjuk kan 1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan memasak bagi anak tunagrahita mampu didik bertujuan untuk bekal bekerja. Pemberian materi pembelajaran keterampilan memasak disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. 2) Metode pembelajaran yang digunakan bagi anak tunagrahita mampu didik adalah metode ceramah, demostrasi, pemberian tugas, dan kerja kelompok. 3) Media pembelajaran yang digunakan bagi anak tunagrahita mampu didik adalah papan tulis, alat lebar gantungan (ALG) , resep atau job sheet, gambar atau foto-foto, serta benda asli atau benda nyata. 4) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan ialah : dengan menyederhanakan materi dan dengan menggunakan berbagai pendekatan seperti pendekatan secara individu, pendekatan secara praktis, pendekatan secara kerja kelompok, dan pendekatan secara latihan terus menerus. Kata kunci :Pembelajaran, Keterampilan Memasak, Anak Tunagrahita MampuDidik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 19:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29587 |
Actions (login required)
View Item |