IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI MARGOMULYO 1 MRIYAN MARGOMULYO SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Utami, Gizela Sovi (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI MARGOMULYO 1 MRIYAN MARGOMULYO SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Gizela Sovi Utami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanimplementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter disiplin di kelas V SD Negeri Margomulyo 1 Mriyan Margomulyo Seyegan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas V, SD Negeri Margomulyo 1 Mriyan Margomulyo Sleman Yogyakarta pada bulan Januari 2015-Januari 2016. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive sampling dimana penentuannya dilakukan dengan pertimbangan tertentu, sehingga didapat guru kelas V, guru mata pelajaran umum, dan siswa kelas V sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik analisis dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan cross check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan karakter disiplin oleh guru kelas V terhadap siswa kelas V dilakukan secara konsisten. Guru mengimplementasikan metode pembiasaan melaluikegiatan rutin, kegiatan spontan maupun kegiatan dengan keteladanan baik di dalam maupun di luar proses pembelajaran. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh guru diantaranya pembiasaan memulai dan mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa dan mengucapkan salam, juga pembiasaan mengikuti kegiatan rutin yang sudah terjadwal, seperti upacara dan senam. Kemudian, kegiatan spontan yang dilakukan oleh guru diantaranya pembiasaan mengacungkan jari terlebih dahulu ketika akan bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru, juga pembiasaan dalam hal berpakaian sampai pembiasaan dalam hal meletakkan sepeda. Selanjutnya, kegiatan dengan keteladanan oleh guru diantaranya pembiasaan dalam hal sopan santun, seperti cara berpakaian dan cara berbicara dengan bahasa yang baik dan benar. Kata kunci: metode pembiasaan, karakter disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Feb 2016 19:03
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29584

Actions (login required)

View Item View Item