PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR DALAM PEMBELAJARAN ROUNDERS DENGAN BENTUK BERMAIN MELEMPAR KE BERBAGAI SASARAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI DENGOK 1 KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

Dwi Suryanto (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR DALAM PEMBELAJARAN ROUNDERS DENGAN BENTUK BERMAIN MELEMPAR KE BERBAGAI SASARAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI DENGOK 1 KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Dwi Suryanto_13604227013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa saat melakukan melempar dalam pembelajaran ronders akurasi dan kekuatan kurang baik . Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses peningkatan hasil belajar melempar dalam pembelajaran ronders melalui pendekatan bermain melempar ke berbagai sasaran pada siswa kelas V SDN Dengok 1 UPT TK dan SD Kecamatan Playen Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dengok 1 UPT TK dan SD Kecamatan Playen Gunungkidul dengan jumlah total 16 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, pengetahuan dan sikap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif . Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan peningkatan hasil kemampuan melempar melalui bermain melempar ke berbagai sasaran pada siswa kelas V SDN Dengok 1 UPT TK dan SD Kecamatan Playen Gunungkidul ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata unjuk kerja, pengetahuan dan sikap siswa. Nilai ratarata siswa pada pratindakan sebesar 69,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 25% . Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,69 dan persentase ketuntasan sebesar44% . Kemudian melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 82,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 81% . Hal ini menunjukan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kemampuan melempar peserta didik meningkat dengan ditandai dengan 81% peserta didik tuntas KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ronders,melempar,metode bermain ,bermain melempar ke berbagai sasaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Feb 2016 19:01
Last Modified: 11 Mar 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item View Item